• HOME
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI
  • DISCLAIMER
  • KODE ETIK JURNALISTIK
  • KONTAK
  • PEDOMAN SIBER
StarMedia.id
  • HOME
  • Headline
  • PERISTIWA
  • Kriminal
  • POLITIK
  • HUKUM
  • EKONOMI
  • TNI/Polri
  • OLAHRAGA
  • PENDIDIKAN
  • LIFESTYLE
  • SEREMONI
  • Advetorial
No Result
View All Result
  • HOME
  • Headline
  • PERISTIWA
  • Kriminal
  • POLITIK
  • HUKUM
  • EKONOMI
  • TNI/Polri
  • OLAHRAGA
  • PENDIDIKAN
  • LIFESTYLE
  • SEREMONI
  • Advetorial
No Result
View All Result
StarMedia.id
No Result
View All Result
  • HOME
  • Headline
  • PERISTIWA
  • Kriminal
  • POLITIK
  • HUKUM
  • EKONOMI
  • TNI/Polri
  • OLAHRAGA
  • PENDIDIKAN
  • LIFESTYLE
  • SEREMONI
  • Advetorial
Home NUSANTARA

Bupati Karo Kawal Langsung Pelayanan Dukcapil sebagai Respon Aduan Warga

26 April 2025
in NUSANTARA
1k 21
0
711
SHARES
1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

KARO – Bupati Karo, Antonius Ginting melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karo, Jumat (25/04/2025).

Sidak ini merupakan tindak lanjut atas aduan masyarakat terkait lambatnya pelayanan administrasi kependudukan. Aduan tersebut diterima Bupati melalui pesan WhatsApp dari warga yang mengalami kendala dalam pengurusan dokumen penting, seperti perubahan nama anak dalam Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran.

Warga tersebut telah dua kali datang ke kantor Disdukcapil namun belum mendapatkan kejelasan. Akibatnya, proses pengurusan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk anaknya ikut tertunda.

“Mendapat laporan langsung dari warga, saya merasa perlu turun langsung agar bisa melihat kondisi pelayanan di lapangan dan mendengarkan langsung keluhan masyarakat,” ujar Bupati.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati menyapa warga yang sedang mengantre dan menanyakan pengalaman mereka selama mengurus dokumen. Beberapa warga mengaku telah menunggu hingga tiga hari tanpa kejelasan proses. Hal ini mengindikasikan perlunya perbaikan sistem layanan yang lebih cepat dan efisien.

Bupati menekankan pentingnya penerapan sistem One Stop Service dan One Day Service yakni pelayanan satu pintu yang memungkinkan masyarakat menyelesaikan urusan dokumen dalam satu hari. Ia juga mendorong sosialisasi yang lebih masif agar masyarakat mengetahui persyaratan dokumen yang harus dipersiapkan sebelum datang ke kantor Disdukcapil.

“Saya ingin agar pelayanan dasar ini bisa selesai dalam sehari. Tapi ini hanya bisa tercapai jika masyarakat juga paham dan siap dengan persyaratan yang lengkap,” tegasnya.

Selain memantau langsung pelayanan di kantor, Bupati juga mengapresiasi Kepala Dinas Dukcapil beserta jajaran yang sedang melaksanakan program layanan jemput bola di Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi. Program ini dianggap sebagai inovasi untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, khususnya yang berada di wilayah terpencil.

“Pelayanan jemput bola merupakan inovasi yang sangat baik. Tapi kantor Disdukcapil tetap harus memberikan pelayanan maksimal dan terkoordinasi dengan baik,” tukasnya.

Menutup kunjungannya, Bupati mengimbau masyarakat untuk tidak segan melaporkan keluhan terkait layanan administrasi kependudukan melalui kanal Dukcapil Karo Menjawab di situs resmi https://www.lapor.go.id.

Ia berharap, partisipasi aktif masyarakat akan mempercepat penyelesaian masalah dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. (TK-1)

melalui pesan WhatsApp dari warga yang mengalami kendala dalam pengurusan dokumen penting, seperti perubahan nama anak dalam Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran.

Warga tersebut telah dua kali datang ke kantor Disdukcapil namun belum mendapatkan kejelasan. Akibatnya, proses pengurusan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk anaknya ikut tertunda.

“Mendapat laporan langsung dari warga, saya merasa perlu turun langsung agar bisa melihat kondisi pelayanan di lapangan dan mendengarkan langsung keluhan masyarakat,” ujar Bupati Karo saat diwawancarai di lokasi.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati menyapa warga yang sedang mengantre dan menanyakan pengalaman mereka selama mengurus dokumen. Beberapa warga mengaku telah menunggu hingga tiga hari tanpa kejelasan proses. Hal ini mengindikasikan perlunya perbaikan sistem layanan yang lebih cepat dan efisien.

Bupati Karo menekankan pentingnya penerapan sistem _One Stop Service dan One Day Service_, yakni pelayanan satu pintu yang memungkinkan masyarakat menyelesaikan urusan dokumen dalam satu hari. Ia juga mendorong sosialisasi yang lebih masif agar masyarakat mengetahui persyaratan dokumen yang harus dipersiapkan sebelum datang ke kantor Disdukcapil.

“Saya ingin agar pelayanan dasar ini bisa selesai dalam sehari. Tapi ini hanya bisa tercapai jika masyarakat juga paham dan siap dengan persyaratan yang lengkap,” tegasnya.

Selain memantau langsung pelayanan di kantor, Bupati juga mengapresiasi Kepala Dinas Dukcapil beserta jajaran yang sedang melaksanakan program layanan jemput bola di Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi. Program ini dianggap sebagai inovasi untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, khususnya yang berada di wilayah terpencil.

“Pelayanan jemput bola merupakan inovasi yang sangat baik. Tapi kantor Disdukcapil tetap harus memberikan pelayanan maksimal dan terkoordinasi dengan baik,” tambahnya.

Menutup kunjungannya, Bupati Karo mengimbau masyarakat untuk tidak segan melaporkan keluhan terkait layanan administrasi kependudukan melalui kanal Dukcapil Karo Menjawab di situs resmi https://www.lapor.go.id. Ia berharap, partisipasi aktif masyarakat akan mempercepat penyelesaian masalah dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. (TK-1)

Tags: Aduan WargaBupati KaroKawal LangsungPelayanan DukcapilRespon
  • Satresnarkoba Polres Palas Grebek Sarang Narkoba di Sosa, 3 Pengedar dan 20 Pengguna Berhasil Ditangkakap

    Satresnarkoba Polres Palas Grebek Sarang Narkoba di Sosa, 3 Pengedar dan 20 Pengguna Berhasil Ditangkakap

    1421 shares
    Share 568 Tweet 355
  • Dua Pengedar Bersama Dua Pengguna Sabu Ditangkap Polisi saat Gerebek Sebuah Rumah di Palas

    1401 shares
    Share 560 Tweet 350
  • Dramatis, Satresnarkoba Palas Tangkap Dua Bandar Sabu, Satu di Ruko Counter HP Pasar Sibuhuan

    1321 shares
    Share 528 Tweet 330
  • Satu Kali 24 Jam, Tim Satresnarkoba Polres Palas Ringkus dua Pelaku Pengedar dan Pengguna Sabu

    1312 shares
    Share 525 Tweet 328
  • Polres Palas Musnahkan Barang Bukti Narkoba Jenis Sabu Seberat 171,84 Gram

    1199 shares
    Share 480 Tweet 300
StarMedia.id

© 2023 StarMedia.id - Menelisik, Mengabarkan.

Navigate Site

  • HOME
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI
  • DISCLAIMER
  • KODE ETIK JURNALISTIK
  • KONTAK
  • PEDOMAN SIBER

Follow Us

No Result
View All Result
  • HOME
  • Headline
  • PERISTIWA
  • Kriminal
  • POLITIK
  • HUKUM
  • EKONOMI
  • TNI/Polri
  • OLAHRAGA
  • PENDIDIKAN
  • LIFESTYLE
  • SEREMONI
  • Advetorial

© 2023 StarMedia.id - Menelisik, Mengabarkan.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In